5 Kecamatan di Lebong Free Internet

0

Lebong, sentralnews.com– Mengingat masih adanya beberapa wilayah di Kabupaten Lebong yang masih belum terjangkau oleh Fiber Optic (FO). Seperti di Kecamatan Pinang Belapis, Kecamatan Uram Jaya, Kecamatan Bingin Kuning, Kecamatan Topos, dan Kecamatan Rimbo Pengadang.

Bupati Kabupaten Lebong H. Rosjonsyah, SIP. M. Si. Itu melalui Dinas Komunikasi Informatika, Statistik, dan Persandian (Kominfo-SP) Kabupaten Lebong pada tahun 2020 ini akan memasang internet gratis di lima kantor camat tersebut.

“Tahun 2020 ini, Kominfo-SP Lebong adakan Internet gratis kepada 5 kecamatan. Ini khusus untuk daerah yang belum terkoneksi dengan kabel FO. Internet gratis akan di pasang di kantor Camat Pinang Belapis, Uram Jaya, Bingin Kuning, Topos dan Rimbo Pengadang,” ungkap Kadis Kominfo-SP, Doni Swabuana, ST, Senin (20/1/2020).

Hal ini, lanjut Doni, sebagai upaya menunjang program E-government. Dimana saat ini pemerintah tengah gencar mengkampanyekan sistem pemerintahan berbasis elektronik, seperti E-goverment, E-budgeting, maupun system online lainnya.

Dan sesuai dengan intruksi Bupati yang tak ingin lagi ada kendala dalam hal jaringan internet ini. Ditambah lagi sejalan dengan upaya menuju Lebong Smart City.

Pemasangan internet ini nantinya dengan VSAT (Very Small Aperture Terminal), dengan alat komunikasi satelit dengan antena. Sumber dana pemasangan internet tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lebong tahin 2020 ini.

“Dengan VSAT menggunakan antena untuk menangkap jaringan dari satelit. Dananya dari APBD. Insya Allah terealisasi Februari (2020, red) mendatang. Saat ini tengah dalam persiapan pengadaan barang/jasa,” demikian Doni. (Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here