Usin Ajak Warga Tanam Pisang Cavendish, untuk Ketahanan Pangan dan Konvergensi Stunting

Bengkulu, Sentralnews.com – Patut dicontoh apa yang dilakukan Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring yang mengajak warga untuk menanam pisang Cavendish di lahan pekarangan rumah. Pisang Kavendis adalah jenis pisang ambon berwarna putih yang memiliki kualitas premium.

Minggu, 18 Juni 2023, Usin Abdisyah Putra Sembiring menyerahkan bantuan bibit pisang Cavendish untuk 20 Kepala Keluarga (KK) warga RT 09, Kelurahan Sawah Lebar Baru, Kota Bengkulu. Bibit langsung ditanam oleh warga di pekarangan rumahnya masing-masing.

Pembagian bibit juga disertai dengan sosialisasi dan pemahaman tentang budidaya dan manfaat pisang Cavendish yang mulitefek. “Saya mengajak warga Kota Bengkulu untuk selalu meningkatkan perekonomian keluarga, terutama di bidang pangan, salah satunya dengan menanam pisang Cavendish ini” kata Usin saat menyerahkan bantaun bibit.

Usin berharap Warga Kota Bengkulu yang memiliki pekarangan rumah dapat dimanfaatkan untuk menanam pisang Cavendish karena selain memiliki nilai ekonomis yang tinggi, juga memiliki nilai gizi yang baik guna mendukung program ketahanan pangan dari pemerintah.

usin abdisyah sembiring

“Dilihat dari nilai gizinya, pisang Cavendish jika dikonsumsi secara rutin dapat mencegah ancaman stunting bagi-anak-anak. Jadi wajar saja jika pisang Cavendish memiliki nilai jual hingga Rp 25.000 per kilogram” kata Usin Sembiring.

Pisang Cavendish adalah pisang kualitas premium yang memiliki standar kualitas untuk di ekspor. Pisang ini juga mudah tumbuh dengan semuah tipe lahan sehingga mudah dikembangbiakkan, hanya dengan umur 8 bulanan sudah bisa dipanen.

“Tentu hal ini membuat warga semakin antusias untuk mengembangbiakkan pisang jenis ini di pekarangan mereka masing masing. Harapannya setelah 20 keluarga yang menanam pisang ini, nantinya akan banyak lagi keluarga yang lain ikut memanfaatkan lahan pekarangan mereka dengan menanam pisang”

Saat ini kata Usin, total sudah 2.000 batang bibit pisang Cavendish dibagikan kepada warga dengan sebaran di 50 RT dan 50 kelurahan Kota Bengkulu. Mayoritas penanam pisang Cavendish adalah bagian dari kelompok kader lingkungan hidup yang dibawah binaan Usin Abdisyah Putra Sembiring.

(Adv)