Edukasi Dini Sampah Siswa Sekolah Dasar Dengan Video Animasi

Bengkulu, Sentralnews.com – Tim PKM Fakultas Teknik Universitas Prof.Dr. Hazairin, SH melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “ Edukasi Dini Sampah bagi Siswa Sekolah Dasar melalui Video Animasi” di SDIT Rabbani Kota Bengkulu. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen sebagai dosen Fakultas untuk berkontribusi pada pengembangan dan peningkatan pemahaman masyarakat, khususnya generasi muda, tentang pentingnya pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

Ketua PKM Elviza Diana, M.Kom megatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan utama untuk memberikan pemahaman kepada siswa SD IT Rabbani tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan mengelola sampah dengan bijak. “Edukasi dini ini kami anggap sangat krusial, karena di usia dini inilah karakter dan kebiasaan yang baik dapat dibentuk secara efektif,” katanya.

Elviza menjelaskan, pada tahap awal, mereka melakukan studi pendahuluan untuk memahami kondisi lingkungan sekolah dan karakteristik siswa-siswa SDIT Rabbani. Kemudian, mengembangkan materi edukatif yang sesuai dengan tingkat pemahaman mereka. Proses pembuatan video animasi melibatkan kolaborasi antara dosen dan tenaga ahjj di bidang animasi, sehingga pesan-pesan tentang pengelolaan sampah dapat disampaikan dengan cara yang menarik dan mudah dicerna. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, kami merancang dan menghasilkan sebuah video. animasi edukatif yang disesuaikan dengan pemahaman anak-anak.

Lebih lanjut Elvisa menyampikan, kegiatan yang dilaksanakan di SDIT Rabbani Kota Bengkulu antara lain sosialisasi sampah untuk para guru pada tanggal 18 Agustus 2023 yang dikuti 57 orang peserta, Pre test dan post test kuesioner tentang sampah bagi siswa-siswi kelas 1-3, sosialisasi sampah dan pelatihan daur ulang sampah untuk siswa sekolah dasar kelas 1-3 pada hari sabtu tanggal 26 agustus 2023 yang berjumlah 340 orang siswa., penyerahan buku dan tempat sampah dan poster serta melaksanakan MoU anatara SDIT Rabbani dengan Fakultas Teknik Unihaz Bengkulu. “ Alhmdulilah kami sangat senang dapat melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat ini, semoga mendapat respon positif dari siswa-siswa SDIT Rabbani terhadap kegiatan ini dan menunjukkan ketertarikan dan keinginan untuk belajar lebih banyak tentang bagaimana menjaga lingkungan,” Jelasnya.

Disamping itu kepala sekolah SDIT Rabbani Ustad Noprizal, S.Pd saat di temui RB menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada dosen-dosen dan tim dari Fakultas Teknik Unihaz atas diselenggarakannya edukasi sampah bagi siswa siswi SDIT Rabbani Kota Bengkulu. “Tentu kegiatan ini akan sangat bermanfaat dan memberikan dampak positif terkait pemahaman dan kesadaran tentang lingkungan terutama pengelolaan sampah bagi guru dan siswa/i SDIT Rabbani kota Bengkulu” tambahnya.

Di ketahui kegiatan ini didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat tahun 2023. Acara juga di isi dengan Narasumber Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu juga di hadiri Penyampian Bank Sampah dan Pengelolaan sampah Bank Batadang oleh Sesiana Yudhi Hidayat dan Meli Mirnarni serta penayangan video animasi dan sosialisasi oleh Een Tonadi, ST, MT. Juga anggota PKM Dr. Tri Sefrus, S.T, M.T.