KAHMI dan KPU Deklarasikan Pilkada Damai

Bengkulu, Sentralnews.com – Majelis Wilayah (MW) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Provinsi Bengkulu bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu akan menggelar deklarasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) damai. Deklarasi bersama puluhan pemuda dan mahasiswa itu, dilakukan Sabtu, 28 September 2024, di Hotel Kuala View Beach Bengkulu.

Deklarasi itu, dipimpin oleh Koordinator Presidium MW KAHMI Provinsi Bengkulu Dr Zacky Antoni SH MH, didampingi oleh Ketua KPU Provinsi Bengkulu Rusman Sudarsono SE dan Kapolda Bengkulu Irjen Pol Anwar SIk MSi yang diwakili oleh Kasubdit Politik Dit Intelkam Polda Bengkulu AKBP PM Amin SAg.

Setelah deklarasi, penandatangan komitmen Pilkada damai juga dilakukan oleh organisasi kepemudaan dan mahasiswa, termasuk Polda, KPU dan MW KAHMI Provinsi Bengkulu.

Penandatangan itu, sebagai bentuk komitmen menjaga kedamaian dan keamanan selama pelaksanaan Pilkada. Sehingga para pemuda tidak terlibat dalam tindakan yang dapat menimbulkan konflik dan untuk aktif berpartisipasi dalam mengawasi jalannya Pilkada.

Koordinator Presidium MW KAHMI Provinsi Bengkulu Zacky Antoni mengatakan, deklarasi Pilkada damai sekaligus Dialog publik itu, sebagai bentuk komitmen menjaga situasi kondusif menjelang Pilkada tahun 2024 di Provinsi Bengkulu.

Termasuk, dialog publik ini menjadi platform bagi para peserta untuk mendiskusikan pentingnya partisipasi dalam proses pemilihan, serta menekankan perlunya pemilu yang jujur, adil, dan damai.

“Pilkada bukan hanya tentang memilih pemimpin, tetapi juga tentang bagaimana kita berperan dalam menentukan masa depan daerah kita. Melalui dialog ini, kami berharap pemuda dapat lebih memahami tanggung jawab mereka dalam proses demokrasi,” terang Zacky.

Dijelaskannya, titik tekan dalam deklarasi Pilkada damai itu, jangan sampai upaya penyebaran informasi bohong, sara hingga ujar kebencian itu masif ditengah masyarakat. Maka sebagai pemuda dan mahasiswa, bisa menjadi agen mencerdaskan masyarakat, tidak ikut terpengaruh atas isu-isu politik yang tidak dibenarkan secara undang-undang (UU).

“Termasuk politik uang, juga harus kita cegah secara bersama, melalui Pilkada damai,” tambah Zacky.

Tidak hanya itu, Zacky mengatakan, pemuda dan mahasiswa juga bisa ikut mengawal proses demokrasi yang tengah berjalan. Agar tujuan Pilkada, digelar secara jujur, adil, demokratis, bermartabat dan berintegritas itu benar-benar direalisasikan.

Kemudian, pada diskusi publik dengan mengangkat tema ‘mewujudkan pesta demokrasi yang berkualitas’ itu, menekankan pentingnya integritas dalam pemilu, dan cara mencegah praktik-praktik negatif yang dapat merusak proses demokrasi.

“Pesta demokrasi ini, tentu harus kita jaga dengan baik. Agar mampu melahirkan pemimpin yang diharapkan masyarakat,” tuturnya.
Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Bengkulu Rusman Sudarsono mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh MW KAHMI Bengkulu dengan ikut terlibat mensosialisasikan Pilkada kepada masyarakat. Sehingga diharapkan Pilkada berjalan lancar dan sukses.

“KPU tentu mengucapkan terimakasih kepada KAHMI ikut terlibat sosialisasi Pilkada 2024,” ujar Rusman.

Rusman menambahkan, deklarasi Pilkada damai menjadi komitmen bersama. Sehingga jika semua masyarakat komitmen dengan deklarasi Pilkada damai maka berjalan aman.

“Jika semua sudah deklarasi Pilkada damai maka insyaallah Pilkada Bengkulu damai,” pungkasnya.