Bupati – Wabup Bulungan Pimpin Penyusunan RPJMD

0

Kalimantan Utara, sentralnews.com – Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si dan Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala, SE, M.Si memimpin kick off meeting penyusunan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Bulungan tahun 2021 – 2026 di Ruang Rapat Bappeda dan Litbang pada Jumat, (19/3).

Kegiatan turut diikuti DPRD Bulungan, para asisten serta tim dari Universitas Kaltara. Peserta lainnya dari perangkat daerah mengikuti secara daring.

Bupati menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan Pemendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan perda tentang RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJDP, RPJMD dan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah).

“Kegiatan penyusunan RPJMD ini memiliki peran penting sebagai agenda langkah awal bagi Kepala Daerah yang terpilih, terkait kewajiban untuk menyusun RPJMD sebagai instrumen visi misi Bupati dan Wakil Bupati dalam perencanaan pemerintahan ke depannya,”ujar Bupati Bulungan Syarwani.

Ia juga mengharapkan, untuk segenap perangkat daerah terkait maupun tim kelompok kerja penyusun RPJMD memberi kontribusi terkait visi misi Bupati dan Wakil Bupati Bulungan periode 2021 – 2024 yaitu Mewujudkan Kabupaten Bulungan yang Berdaulat Pangan, Maju dan Sejahtera. Lalu menghasilkan RPJMD yang berkualitas dan tepat waktu dalam pengesahannya nanti.

Bupati mengingatkan, penyusunan RPJMD Bulungan 2021 – 2026 agar berbasis pada kondisi permasalahan dan isu strategis yang berkembang saat ini. Antara lain penanganan pandemi Covid-19, peraturan perundang-undangan yang baru serta prioritas provinsi dan nasional dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional.

Bupati juga seluruh perangkat daerah untuk pro aktif dalam penyusunan RPJMD, termasuk kepada Bappeda dan Litbang Bulungan selaku leading sector maupun tim dari Universitas Kaltara.

“Semoga apa yang kita lakukan ini menjadi panduan bagi kita semua ke depan dalam rangka untuk kita bersama-sama membangun Kabupaten Bulungan lebih baik. Lebih maju dan lebih sejahtera untuk kepentingan seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Bulungan ini,” pesan Bupati. (as)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here