Ferry Sunarto : Kreatifitas Tanpa Henti Di Dunia Fashion

Jakarta, Sentralnews.com – Ditemui dikantornya di daerah Senopati Jakarta, pada Jumat 5 Februari 2021 Ferry Sunarto seorang Designer Kebaya ternama menuturkan pandangannya tentang dunia fashion di era pandemi covid 19 ini.Jakarta, 6 Februari 2021

“Pada era pandemik seperti ini tentunya akan merubah kebiasaan sehari-hari kita menjadi sebuah kebiasaan baru, hal itu juga merubah cara kita berpakaian, cara kita mengkonsumsi sesuatu, cara kita bertemu dengan seseorang. Orang sekarang ini lebih berpikir sesuatu yang longterm. Dulu mungkin sekali pakai beli lagi beli lagi sekarang ini akan membeli sesuatu yang lebih jangka panjang. Saya pribadi sedang mengembangkan sesuatu yang lebih hygine dalam era new normal ini kita harus tetap positif thinking, berkreasi, berkarya dan berdampingan dengan Covid,” Jelas Desainer ternama ini

Terus “Saya mendevelop produk yaitu coat yang hygine yaitu bahannya antibakteri dan quick dry dan juga water repelent dan breathable. Bajunya bisa dipakai pada saat work from home dan bisa dipakai keluar juga bila terkena droplet tidak apa-apa juga bisa dipakai berkali-kali. Bahannya dari polyester, menggunakan teknologi antibakteri 30 kali cuci. Bajunya diproduksi di Bandung. Kebetulan di Bandung banyak pabrik tekstil untuk seragam jadi sudah ada sertifikat SNI.” Puji Ferry terhadap produk lokal.

Ferry Sunarto yang sudah 25 tahun berkecimpung di dunia Fashion juga duduk Sebagai Dewan Penasihat dalam sebuah organisasi mode yang membawahi 400 orang desainer Indonesia.

“Beragam kegiatan sudah dilakukan, salah satunya adalah Muslim Fashion Festival yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center.Kami juga membantu para UMKM bekerjasama dengan Bank Indonesia yang memiliki binaan -binaan untuk memajukan kain-kain dari daerah Indonesia bisa lebih dikenal baik secara nasional maupun international,”

Lanjut Ferry “Selain itu saya juga membantu KBRI Moskow yang melaksanakan Festival Indonesia dari tahun 2016 sampai 2019, saya sebagai ketua koordinator pemilihan dan inkubator UMKM. Di akhir acara tsb ada show tunggal, saya membantu UMKM ini bagaimana untuk mempresentasikan sebuah karya yang bagus dalam kancah internasional. “ ujar Ferry.

“Core bisnis saya sendiri adalah Kebaya Indonesia, bagi saya kebaya bukan hanya sebagai busana nasional tapi juga sebagai pemersatu bangsa. Kebaya dapat mempersatukan kita semua mengatasi beragam perbedaan.” tutur Ferry

Disamping mengurus bisnisnya Ferry Sunarto juga berusaha membantu kawannya yang mempunyai pabrik textile dengan 3000-5000 karyawan yang terancam bangkrut karena pandemi Covid 19 ini.

“Keselamatan masyarakat adalah yang utama jadi kami memikirkan bagaimana karyawan bisa tetap hidup, banyak pabrik yang tutup, saya mempunyai network maka saya membantu mereka dengan network yang saya miliki. Saya meminta kerjasama dengan beberapa BUMN untuk bisa mensuplai APD yang berkualitas dengan harga yang sangat murah dengan untung yang tipis hanya agar para karyawan bisa hidup dan punya penghasilan. “ tutur Ferry

“Harapan saya kedepannya Show Must Go On, kita sebagai manusia biasa dengan kondisi pandemi kita flashback dalam pengertian fashion pasti mengalami perubahan yang sangat dahsyat kita akan lebih efisien dan bersatu dengan alam. Kedepannya akan lebih green fashion, lebih natural, orang akan lebih menghargai alam lingkungan dengan sebuah konsep baru yang lebih down to earth, kualitas tetap bagus serta digitalisasi yang semakin mempengaruhi kita. Harapan saya produksi dalam negeri akan semakin dikenal di dunia internasional.” pungkas Ferry menutup sesi wawancara kami.
(Indri)

36 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here