Gubernur Rohidin Bagikan Ratusan Alsintan di Rejang Lebong

Bengkulu, Sentralnews.com – Guna meningkatkan produktivitas usaha tani di Kabupaten Rejang Lebong, Gubernur Rohidin Mersyah bagikan ratusan alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk Kelompok Tani Rejang Lebong di Desa Talang Benih, Kec. Curup, Kab. Rejang Lebong, Sabtu (14/10).

Beberapa bantuan di antaranya Handsprayer Elektrik sebanyak 45 unit yang dibagikan kepada 15 kelompok tani, Handtraktor 3 unit, Cultivator 22 unit, Mesin Rumput 42 unit, Motor Roda 3 sebanyak 3 unit, pupuk organik 2.000 liter, dan Pupuk Majemuk sebanyak 500 kg.

“Apa yang disampaikan semoga memberikan manfaat bagi masyarakat, dan membuat produktivitas hasil usaha tani semakin meningkat,” ujar Gubernur Rohidin usai membagikan Alsintan untuk kelompok tani Rejang Lebong.

Gubernur mengingatkan agar peralatan yang diberikan dijaga dan dipelihara sehingga tidak cepat rusak. Kemudian, menurutnya peralatan yang dibagikan ini bukanlah milik ketua kelompok tani, namun milik anggota beserta seluruh jajaran.

“Tolong jaga dan pelihara baik-baik alat yang diberikan, dan ingat semua anggota kelompok tani berhak menggunakannya,” tegas Rohidin.

Lebih lanjut, di daerah Curup ini relatif masih lebih nyaman dibandingkan daerah lain, apalagi dalam kondisi kemarau seperti sekarang. Jika di kawasan pesisir (Seluma, Manna, Kaur, Bengkulu Utara, Mukomuko) tanah sudah nampak terpecah dan usaha tani mulai terhenti.

“Di Curup ini sistem pengairannya sudah cukup baik, jadi walaupun musim kemarau melanda tanamannya tetap hijau. Dan ini patut disyukuri secara bersama-sama,” pungkas Gubernur Bengkulu ke-10 ini.

Sementara itu, Suratno (54) dari ketua kelompok tani Sidoluhur Air Bening mengungkapkan, dirinya biasanya menyewa handtraktor dengan biaya 400 ribu per hari dan biasanya dapat melakukan panen 1 kali dalam setahun.

Setelah menerima handtraktor ini, dirinya dan kelompok tani lainnya tentu akan semakin semangat, dan berusaha maksimal agar dapat melakukan panen 2 hingga 3 kali dalam setahun.

“Alhamdulillah, dengan bantuan handtraktor dari bapak Gubernur tentu dapat memudahkan dan melancarkan pekerjaan kami sebagai petani. Kami akan berusaha maksimal agar ke depan hasil panen kami meningkat (bisa panen 2 sampai 3 kali dalam setahun),” pungkasnya.

Senada dengan itu, Slamet Harisani (51) dari kelompok tani Karya Family Sindang Kelingi menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang diterima yaitu cultivator. Menurutnya, ini sangat membantu dirinya saat menggarap lahan kebun sayurnya nanti.

“Kelompok tani saya menerima cultivator, terima kasih atas bantuannya. Dan ini sangat bermanfaat dan membantu pekerjaan agar ke depan intensitas panen sayur semakin meningkat,” tutupnya.

Tahun 2023, Pemerintah Provinsi Bengkulu menggelontorkan bantuan Alsintan kepada 618 Poktan/UPJA dengan total 2.026 unit di antaranya Hansprayer Elektrik 987 unit untuk 300 Poktan, Handtraktor 34 unit untuk 34 Poktan, mesin pemotong rumput 123 unit untuk 123 Poktan, power threser 10 unit untuk 10 Poktan, Cultivator 54 unit untuk 54 Poktan, Motor roda tiga 8 unit untuk 8 poktan, terpal plastik 300 unit untuk 54 poktan, dodos 250 unit untuk 13 Poktan, egrek 250 unit untuk 13 poktan, pompa air 3 inch 8 unit untuk 8 Poktan, dan combine harvester besar 2 unit untuk 2 UPJA.

(Adv)