Kedurei Agung Sambut HUT Ke-139 Kota Curup

REJANG LEBONG– Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong menggelar acara Kedurei Agung dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT)  Kota Curup yang ke 139 tahun 2019.

 

“HUT Kota Curup setiap tahun Merupakan kesempatan yang sangat baik bagi kita untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya,” ungkap Bupati Kabupaten Rejang Lebong, Ahmad Hijazi, dalam sambutannya di Lapangan Dwi Tunggal Curup, Minggu (16/6/2019).

 

Kegiatan tersebut juga diisi dengan kegiatan pameran pembangunan juga menampilkan pertunjukan maupun aneka perlombaan kesenian dan budaya daerah baik itu suku asli Rejang dan etnis lainnya.

 

Pelaksanaan festival budaya daerah merupakan komitmen dalam menjaga dan upaya melestarikan nilai-nilai seni, budaya dan adat istiadat yang hidup berkembang dalam masyarakat.

 

“Semoga kegiatan kita ini dapat dijadikan sarana dalam kehidupan bermasyarakat dalam menangkal pengaruh-pengaruh negatif budaya luar yang masuk ke Tanah Air, selain itu juga bertujuan agar seni budaya Rejang Lebong tidak kehilangan status dan jati dirinya,” ujar Bupati Rejang Lebong.

 

Berbagai perlombaan digelar pada kegiatan festival budaya, yakni lomba tari kejei, lomba bekulo (perasanan), lomba menulis dan desaian aksara Kaganga, lomba bujang semulen (bujang-gadis), lomba batik, lomba miniatur rumah adat, festival lagu daerah, pagelaran seni etnis nusantara dan lainnya.

 

Kegiatan ini dilaksanakan mulai 16-23 Juni mendatang, juga dilaksanakan pencanangan kegiatan Baksos TNI Manunggal dan KB Kesehatan 2019.

 

Sebagai informasi, dalam acara inj juga dilaksanakan pembagian punjung agung (nasi kuning berikut lauknya), di mana 4.000 bungkus nasi ‘ibet’ atau nasi kuning dibagikan panitia.ADV (LCY)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here