Ketua Komisi 1 DPRD Kota Minta Dinsos Pembenahan Data Penerima Bansos

Kota Bengkulu, Sentralnews.com – Sejumlah persoalan dalam penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat dari Kementerian Sosial terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi 1 DPRD Kota Bengkulu dengan Dinas Sosial yang diselenggarakan pada hari Senin (15/02/21).

Ketua Komisi 1 Teuku Zulkarnain membeberkan beberapa persoalan yang dilaporkan masyarakat kepada Dewan terkait dengan penerima bantuan sosial, terutama data penerima bantuan yang dinilai masih kurang baik.

“Kondisi di lapangan, masih banyak warga yang seharusnya masuk data penerima, justru tidak masuk data penerima. Ada yang seharusnya tidak berhak menerima karena dianggap mampu, justru mendapat bantuan. Kita punya PR, yakni pembenahan data”, kata Teuku.

Lebih lanjut, Politisi PAN ini mengatakan Pemerintah harus membuat kriteria yang jelas penerima bantuan. Selain itu, Dewan menurutnya telah memetakan persoalan data di setiap OPD yang mengelola data, yakni lemahnya sumber daya yang mampu melakukan validasi dan verifikasi terhadap sebuah data serta penggunaan data lama yang sudah usang dan perlu dimutakhirkan.

“Persoalan kita itu seragam ya, proses validasi dan verifikasi yang lemah dan juga data lama yang perlu untuk dimutakhirkan,”, lanjutnya.

Sementara itu Ronny PL Tobing menyarankan agar tidak terjadi salah sasaran penerima bantuan, Pemerintah Daerah perlu melakukan terobosan, misalnya dengan pembenahan graduasi penerima bantuan yang berkelanjutan.

Selain itu agar warga yang masuk kategori tidak berhak menerima bantuan tidak mengambil kesempatan untuk mendapatkan bantuan, Pemerintah Daerah dapat melakukan upaya yang diharapkan menjadi efek jera.

“Misalnya dengan menempel stiker dengan kategori masyarakat mampu atau masyarakat tidak mampu di setiap rumah penerima bantuan. Jadi ada pengawasan sendiri yang dilakukan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu Plt. Kadis Sosial Alex Periansyah mengakui adanya penerima bantuan yang tidak tepat sasaran. Alex pun mengakui persoalan utama yang dihadapi pihaknya adalah persoalan data. Menurutnya data penerima bantuan diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial.

Persoalannya di Pemerintah Daerah adalah lambannya verifikasi dan validasi data pada tingkat kelurahan akibat minimnya anggaran. Idealnya pemutakhiran data terutama data kesejahteraan sosial diperbarui setiap enam bulan. Namun Alex memastikan pihaknya akan segera melakukan pemutakhiran data kesejahteraan sosial pada tahun ini. Ia pun berharap dukungan anggaran dari Dewan.

“Sebenarnya tahun lalu sudah akan upgrade data, namun karena refocussing untuk penanganan covid-19 akhirnya tertunda, dan tahun ini kami akan lakukan pemutakhiran data”, katanya.

ADV

17 COMMENTS

  1. You really make it seem really easy with your presentation however I in finding this matter
    to be actually something that I think I might by no means
    understand. It sort of feels too complex and extremely extensive for
    me. I’m looking forward on your subsequent
    submit, I will attempt to get the cling of it!

  2. I blog often and I genuinely appreciate your content. This article has truly peaked my interest. I’m going to bookmark your site and keep checking for new details about once a week. I subscribed to your RSS feed too.

  3. Aw, this was a very good post. Finding the time and actual effort to make a really good article… but what can I say… I hesitate a lot and never seem to get nearly anything done.

  4. You’ve made some decent points there. I looked on the internet for more information about the issue and found most people will go along with your views on this web site.

  5. Spot on with this write-up, I truly feel this site needs a great deal more attention. I’ll probably be returning to see more, thanks for the advice!

  6. An outstanding share! I’ve just forwarded this onto a co-worker who had been conducting a little research on this. And he in fact ordered me dinner simply because I found it for him… lol. So allow me to reword this…. Thanks for the meal!! But yeah, thanx for spending time to talk about this topic here on your site.

  7. Hello, I believe your site might be having web browser compatibility issues. Whenever I take a look at your site in Safari, it looks fine however, if opening in Internet Explorer, it has some overlapping issues. I simply wanted to provide you with a quick heads up! Besides that, great blog!

  8. After exploring a few of the blog posts on your website, I truly appreciate your way of blogging. I book-marked it to my bookmark website list and will be checking back soon. Please visit my web site as well and let me know your opinion.

  9. Nice post. I learn something totally new and challenging on blogs I stumbleupon on a daily basis. It’s always interesting to read through content from other authors and practice a little something from other web sites.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here