Pesan dan Harapan Hari Lahir Pancasila, dari BPKAD Kota Bengkulu

Kepala BPKAD yUDI suSANDA

Sentralnews.com – Sejumlah tokoh menyampaikan pesan dan harapan saat peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada hari ini, Rabu (1/6/2022).

Misalnya, Kepala BPKAD Kota Bengkulu Yudi Susanda, bersama Walikota BengkuLU Helmi Hasan dan Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi. Mereka mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara virtual. Adapun upacara dilaksanakan terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kotaraja, Ende Utara, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan digelar virtual.

Kepala BPKAD Kota Bengkulu Yudi Susanda, Mengatakan mengajak masyarakat saling menghargai keberagaman. Menurut dia, sikap tersebut merupakan bentuk upaya membumikan pancasila.

“Bagaimana kita saling menghormati dengan berbagai keberagaman yang ada, bagaimana nilai kemanusiaan itu mesti diberikan, Indonesia mesti bersatu secara demokratis sampai menuju keadilan,” ujar Yudi Susanda di Kantor, Rabu (1/6/2022).

Selain itu, Yudi memandang perlunya mempraktikkan ideologi bangsa, yaitu Pancasila secara konkret untuk merespons setiap tantangan, seperti ketegangan politik global, perkembangan teknologi, mutasi berbagai penyakit, hingga perubahan iklim.

“Di luar kita hari ini terhadap derasnya perkembangan teknologi informasi, ketegangan politik global, perubahan iklim, dan mutasi berbagai penyakit seperti halnya Covid-19 yang sekarang sudah tertangani,” ujar Yudi dalam pernyataan. (Adv)