Puspa Langka Bunga Bangkai Jenis Asper Mekar Ditengah Hutan Rajalelo Bengkulu Tengah

0

Benteng,SentralNews.com – Tanaman langka (puspa langka) tumbuh mekar ditengah Taman Hutan Rajalelo (Tahura) Kabupaten Bengkulu Tengah, Bunga Bangkai (Amorphophallus) jenis Asper. Tanaman langka ini mekar dua kuntum sekaligus.

Bunga Bangkai ini ditanam langsung oleh Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Tengah ditahun 2020 dalam acara Truly Rafflesia yang diberi izin langsung Dinas Pariwisata untuk mengelolah sebagian Lahan Tahura sebagai konservasi Tanaman Bunga Bangkai.

“Konservasi bunga kita ini sudah dua buah kuntum yang mekar saat ini, yaitu jenis PhyoniPolius dan yang satu lagi jenis Asper. Ini kita sudah tanam dan menghasilkan dalam satu tahun ini,” ujar Anggota Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Tengah, Ibnu Rafflesia, Selasa (25/05/2021).

Ibnu berharap, dengan tumbuhkan bunga bangkai ini bisa menjadi ajang wisata Bengkulu Tengah dan meningkatkan pariwisata dan bisa dikembangkan lagi dengan jenis-jenis bunga bangkai yang lain.

“Untuk lanjutannya nanti kita dari anggota KPPL sudah menyiapkan puluhan bibit jenis Titanum, itu nanti kita tanam lagi disekitar Tahura, nanti kita minta lagi untuk bisa diperluas penangkarannya, karena kita masih banyak bibit yang akan kita tanam lagi,” tutup Ibnu. (Ta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here