REVIU KINERJA PENURUNAN STUNTING KABUPATEN SELUMA TAHUN 2021

Seluma, Sentralnews.com –  Pemerintah Kabupaten Seluma menggelar kegiatan Reviu Kinerja Tahunan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Kabupaten Seluma Tahun 2021, Senin (31/1/2022) di Seluma Park Centre.

Bupati Seluma diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Seluma Almedian Saleh, SKM, ME membuka kegiatan tersebut secara resmi.

Kepala Bappeda Kabupaten Seluma Drs. Supratman, MM melaporkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mengukur tingkat kinerja, memastikan akuntabilitas kinerja, mengevaluasi kinerja dan mengapresiasi kinerja desa/ kelurahan dalam pelaksanaan aksi konvergensi penurunan stunting.

“Peserta yang mengikuti acara reviu kinerja tahunan aksi konvergensi penunuran stunting ini yaitu stakeholder yang terjun langsung dalam aksi penurunan stunting melalui upaya spesifik dan sensitive dan dalam pelaksanaan penurunan stunting di Kabupaten Seluma pada tahun 2021 dilakukan melalui 8 aksi konvergensi yang terintegrasi”, kata Supratman.

Asisten II Pemkab Seluma Almedian Saleh dalam sambutannya menyampaikan bahwa penurunan stunting tidak bisa dilakukan oleh salah satu OPD atau lembaga saja, akan tetapi diperlukan kolaborasi yang baik antar lembaga sehingga target Seluma bebas stunting dapat terwujud.

“Reviu yang dilakukan terhadap OPD yang mendukung kegiatan pencegahan dan penurunan stunting antara target dan capaian sudah di atas 95 persen, artinya OPD telah secara aktif ikut serta dalam pencegahan dan penurunan stunting tahun 2021. Reviu kinerja tahunan ini adalah penilaian yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Seluma terhadap kinerja pelaksanaan program percepatan penurunan stunting selama satu tahun terakhir,” ucap Ahmedian Saleh.

Desa Lokasi Focus Stunting dengan upaya penurunan angka stunting terbaik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma Tahun 2021 adalah :
Terbaik I, Desa Kungkai Baru Kecamatan Air Periukan.
Terbaik II, Desa Talang Benuang Kecamatan Air Periukan.
Terbaik III, Desa Talang Perapat Kecamatan Seluma Barat.
Terbaik IV, Desa Serambi Gunung Kecamatan Talo.
Terbaik V, Desa Kuti Agung Kecamatan Sukaraja.
Terbaik VI, Desa Talang Empat Kecamatan Seluma Utara.

Untuk diketahui, kegiatan reviu ini merupakan bagian akhir dari keseluruhan 8 Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Seluma. Reviu Kinerja Tahunan merupakan aksi ke delapan. (Red)