SDN Sumberkepuh Mendapatkan Bantuan Rehab Gedung Melalui DAK Tahun Anggaran 2023

Sentralnews.com – Guna meningkatkan kualitas dan fasilitas khususnya dibidang sarana dan prasarana pendidikan, Pemerintah terus memberikan sejumlah bantuan dan program yang mendukung kepada setiap sekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas, salah satunya adalah Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Pendidikan sebagai salah satu sumber pembiayaan untuk mencapai sasaran pembangunan pendidikan tingkat sekolah.

DAK fisik ini dimaksudkan untuk mendanai kegiatan khusus yang menjadi urusan daerah, dan merupakan prioritas nasional sesuai dengan fungsi yang merupakan perwujudan tugas pemerintahan di bidang tertentu.

JUKNIS Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik pendidikan telah terlaksana dengan baik dan tepat sasaran, Tahun Anggaran 2023 SD Negeri Sumberkepuh yang berlokasi di Jl. Cendrawasih No. 07 Desa Sumberkepuh Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk yang telah mendapatkan program DAK fisik tahun anggaran 2023 sebanyak 7 Paket (Tujuh) Lokal pembangunan ruang yang diantara:

pembangunan ruang laboratorium komputer, Pembangunan Ruang UKS, Rehabilitasi 5 Ruang Kelas, Rehabilitasi 1 Ruang Guru, Pembangunan Toilet beserta sanitasi, Pembangunan 1 Ruang Perpustakaan, Dan Rehabilitasi Toilet.

Untuk diketahui bersama bahwasanya Pengerjaan pembangunan tersebut sudah berjalan kurang lebih 80% dan terlaksana dengan baik serta sesuai dengan Petunjuk Teknis (JUKNIS) yang sebagaimana mestinya dan memenuhi standar kualitas, baik secara material ataupun speak teknis pengerjaannya.

Kepala Sekolah SD Negeri Sumberkepuh Luki Rohmawati saat di konfirmasi oleh awak media sentralnews.com mengatakan bahwa, pihaknya sangat senang dan mengucapkan rasa terimakasih kepada Pemerintah khususnya Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk yang telah merealisasikan bantuan DAK fisik untuk pembangunan 7 paket ruang diantaranya: Ruang Perpustakaan, Ruang Laboratorium komputer, Ruang UKS, Ruang Guru, Ruang Kelas dan Toilet. Jelasnya.

“Luki Rohmawati pun berharap, dengan adanya bantuan tersebut, SD Negeri Sumberkepuh bisa lebih baik lagi dalam hal fasilitas sekolah dan kualitas belajar mengajar untuk para siswa-siswa serta seluruh dewan gurunya.

“Dengan terbangunnya laboratorium komputer diharapkan yang pertama sarana yang belum ada menjadi ada, terus kualitas pendidikan di SD Negeri Sumberkepuh lebih maju terutama mengenal dan lebih mendalam mengenai ITE, karena mengingat perkembangan jaman semakin maju, Tutur Luki.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk Sopingi melalui Sekertaris Dinas Pendidikan Nganjuk Hadi Sukamto mengatakan bahwa, Kegiatan rehabilitasi maupun pembangunan di sekolah-sekolah mulai dari Paud, TK, SD dan SMP, yaitu tingkat kerusakan yang paling parah iyalah di sekolah dasar. Dengan adanya bantuan fisik melalui DAK ini di harapkan kegiatan belajar mengajar lebih meningkat dan kemudian kinerja guru lebih meningkat sehingga aksesibilitas pendidikan bisa tercapai, tentunya masyarakat sekitar bisa menggunakan fasilitas yang pada akhirnya bisa meningkatkan pendidikan di kabupaten Nganjuk” tuturnya.

Pihaknya juga menjelaskan bahwasanya, sarana prasarana yang butuh bantuan khusus nya ruangan kelas di SD ( sekolah dasar) lainya, di karena APBD tidak mampu untuk kebutuhan fisik. maka kami meminta bantuan dari pusat untuk pembangunan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Jelasnya.

“Secara umum kendala dilapangan mungkin tidak ada di karenakan kami mengacu ke juknis DAK dan menggunakan pekerja masyarakat sekitar , dengan tujuan memanfaatkan masyarakat lokal yaitu swakelola dan membangkitkan ekonomi kecil,” tugas sekdin.

(Red)