Sekda Mukomuko Hadiri Langsung Titik Nol di 3 Tempat

Mukomuko, Sentralnews.com – Pemerintah Kabupaten Mukomuko di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Mukomuko, Sapuan – Wasri wujudkan impian masyarakat kelurahan di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko.

Kegiatan pembangunan sarana prasarana dan pemberdayaan masyarakat di tiga kelurahan Kota Mukomuko dimulai. Ditandai dengan titik nol pekerjaan secara bersama pada hari ini, Senin, 5 Juni 2023.

‘’Hari ini, kita turun langsung memantau prosesi titik nol pekerjaan pembangunan sarana prasarana di lingkungan masyarakat tiga kelurahan. Kelurahan Koto Jaya, Pasar Mukomuko dan Bandar Ratu,’’ ungkap Sekda Mukomuko, Dr. Abdiyanto, SH., M.Si.

Kegiatan pembangunan ini merupakanbkomitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan aspirasi masyarakat kelurahan.

Anggaran pembangunan bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) APBD tahun 2023.

Prosesi pelaksanaan pembangunan, kata Sekda, dilaksanakan secara swakelola melibatkan kelompok masyarakat kelurahan.

‘’Usulan item pembangunan dari aspirasi masyarakat, hingga pelaksanaannya juga melibatkan peran serta masyarakat melalui sistem swakelola,’’ ujar Sekda.

Secara rinci, item kegiatan pembangunan yang bersumber dari dana kelurahan ini.

Di Kelurahan Pasar Mukomuko, dilaksanakan pembangunan rabat beton dengan pagu dana Rp.187.500.000.

Di Kelurahan Koto Jaya, kegiatan pengoralan jalan dengan pagu Rp 164.268.000.

Di Kelurahan Bandar Ratu, pembangunan jaringan drainase lingkungan pagu dana Rp185.000.000 dan boxculvert Rp 12.138.900.

‘’Kita berharap pada pelaksanaan kegiatan pembangunan ini dapat diselesaikan sebagaimana mestinya. Mengutamakan mutu dan kualitas,’’ pinta Sekda.

Disisi lain, Sekda Abdiyanto juga menyampaikan bahwasanya wilayah Kecamatan Kota Mukomuko juga menjadi bagian prioritas pelaksanaan pembangunan di masa pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko, Sapuan – Wasri.

Salah satunya, pembangunan Rumah Adat Mukomuko di Komplek Perkantoran Pemda Mukomuko.

Kemudian, juga pembangunan Taman Kota Mukomuko di kawasan Bundaran Merdeka Kelurahan Pasar Mukomuko.

Untuk rumah adat, lanjutan tahap II tinggal menunggu proses lelang. Harus dipahami bersama, pelaksanaan pembangunan ukurannya menyesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah.

‘’Artinya, wilayah Kecamatan Kota Mukomuko tidak lepas dari perhatian Pemda,’’ demikian Sekda. (Advertorial)

Pewarta: Budi