Warga Sukau Datang Idap Penyakit Menahun Serta Disabilitas, Terima BLT

Pjs Kades Sukau Datang, Tri Setia Prima Bakti saat membagikan BLT kepada KPM

Lebong, Sentralnews.com – Warga Desa Sukau Datang, Kecamatan Pelabai, Kabupaten Lebong terima Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun anggaran 2024 yang bersumber dari Dana Desa (DD), pada Jumat (08/03/2024).

Bantuan berupa uang tunai sebesar Rp. 900 Ribu tersebut, langsung disalurkan kepada 29 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Balai Desa setempat. Bahkan juga ada yang diberikan langsung secara dor to dor kepada warga penerima bantuan, dikarenakan mengalami sakit yang tidak memungkinkan untuk hadir di Balai Desa.

Bantuan disalurkan itu, diketahui periode triwulan pertama untuk pembayaran bulan Januari, Februari dan Maret. Hal tersebut disampaikan oleh Pjs setempat, yakni Tri Setia Prima Bakti saat menyampaikan sambutannya.

“Triwulan pertama ini, itu realisasi pembayaran untuk bulan Januari, Februari dan Maret. Selain Pemdes memberikan langsung di Balai Desa, ada juga kita antar langsung secara dor to dor, dengan alasan bahwa ada beberapa KPM yang kondisinya sedang sakit dan tidak memungkinkan untuk bisa hadir,” Sampai Pjs.

Kemudian itu Bima sapaan akrabnya mengatakan, jika di Desa yang ia pimpin saat ini terdapat beberapa warganya yang mengalami kondisi yang cukup memperihatinkan, mulai dari idap penyakit hingga menahun, Disabilitas dan bahkan juga mengalami keterbelakangan mental (stres,red).

“Memang sudah selayaknya kita prioritaskan bagi warga-warga yang memang benar-benar layak untuk menerima bantuan, apa lagi dengan kondisi yang tidak baik dan bahkan sakit serta juga ada faktor usia sehingga tidak memungkinkan untuk bisa beraktivitas secara normal tentunya,” imbuh Bima.

Selain itu juga, ia sangat berharap bahwa dari berbagai sektor baik itu mulai dari masyarakat, pemerintah Desa dan juga pemerintah daerah untuk supaya saling mensupport, dengan tujuan bersama agar terentaskannya masyarakat yang mengalami ekonomi sulit dan agar bebas dari kemiskinan sehingga bisa hidup layak.

“Tentunya dengan hal ini, meskipun bantuan yang diberikan dari Desa untuk warga masih terbatas, dengan saling mensupport satu sama lain, mari kita bangun Desa kita tercinta ini agar kedepannya menjadi lebih baik dan maju, serta menumbuhkan ekonomi yang baik dan bebas dari kemiskinan,” sampai Bima.

Bima kemudian juga berharap, jika bantuan yang diberikan tersebut tentunya supaya bisa dimanfaatkan dengan secara maksimal, meskipun dengan jumlah yang mungkin terbatas, setidaknya uang tersebut bisa mencukupi untuk keperluan membeli bahan pokok sehari-hari ataupun digunakan untuk berobat.

Penyerahan BLT kepada KPM Disabilitas

“Apa yang pemerintah Desa Sukau Datang salurkan dan sudah di realisasikan hari ini, harapan saya semoga bantuan tersebut bisa sangat bermanfaat dan dipergunakan dengan secara baik,” pungkas Bima.

Dalam realisasi pembagian BLT tersebut, turut hadir dari pihak Kecamatan, Polsek Lebong Atas, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pemdes setempat, BPD, perwakilan tokoh masyarakat, KPM, dan pendamping Desa.

Pewarta: Frengky