Dalam Bulan Yang Sama,Dua Bunga Rafflesia Arnoldi Mekar di Provinsi Bengkulu

Kemumu,SentralNews.com –  Kembali mekar, dua Bunga Rafflesia tumbuh di dua Kabupaten dalam bulan yang sama, yaitu di Kecamatan Kemumu Kabupaten Bengkulu Utara dan sebelumnya juga mekar di wilayah Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah, Selasa (8/6/2021).

Hal ini diungkapkan langsung dari Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL), Sofian saat di kintai keterangan dari pihak Media. Ia mengungkapkan mekarnya Bunga Rafflesia ini terletak di Kawasan Hutan Lindung Boven Lais Palak Siring, Kecamatan Kemumu Kabupaten Bengkulu Utara tepatnya di spot habitat ke tiga.

“Memang benar saat ini ada dua bunga Rafflesia yang mekar di dua Kabupaten di Provinsi Bengkulu,” kata Sofian.

Ketua KPPL Bengkulu Utara Dani Umbara menyebutkan jarak dari depan gerbang masuk objek wisata Palak Siring ke lokasi mekarnya Rafflesia dengan berjalan kaki sekitar 30 menit lebih. ia mengajak masyarakat yang ingin berkunjung melihat langsung mekarnya Bunga Rafflesia bisa datang dan menerapkan protokol kesehatan.

“Untuk dikawasan wisata Kemumu sudah banyak sering bunga Rafflesia mekar, dan bisa menjadi wisata puspa langka dan untuk masyarakat bisa datang langsung melihat mekarnya bunga tersebut ,” ujarnya.

Selain itu pengunjung dihimbau untuk memakai pakaian outdoor seperti ingin mendaki atau hiking, sebab banyak pengunjung yang salah kostum saat datang ke lokasi. Dani berharap agar habitat bunga Rafflesia lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat sebab saat ini habitat bunga Rafflesia sangat memprihatinkan.

“Habitat keberadaan Rafflesia saat ini dan bunga Rafflesia sebagaimana sebagai ikon nya Bengkulu dan masyarakat juga ikut peduli terhadap keberadaan Rafflesia saat ini,” terangnya. (Ta)