Peringatan 1 Abad NU, Wabup Blitar : Apa Yang Diwariskan Kiai Hasyim Asy’ari Wajib Kita Teladani

Blitar, Sentralnews.com – Peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) akan memperingati usia 1 Abad yang akan di gelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Wabup Blitar Rahmat memastikan akan hadir dalam Peringatan 100 tahun NU tersebut.

Seperti disampaikan Rahmat, bahwa apa yang diwariskan oleh Kiai Haji Muhamad Hasyim Asy’ari, wajib kita teladani, dan itu merupakan momentum terus meneladani perjuangan para kiai dan santri yang diwariskan oleh beliau.

“Dalam usia satu abad ini, perjuangan NU, para kiai dan santri harus kita teladani bersama. Kita harus ingat semua, Kiai Hasyim Asy’ari pernah menjawab dengan tegas pertanyaan Presiden Soekarno jika mempertahankan negara ini dalam melawan penjajah hukumnya adalah wajib. Dan insyaallah saya akan hadir di Sidoarjo nanti,” ujar Wabup Rahmat, Minggu (5/2/2023).

Pernyataan Kiai Hasyim Asy’ari itu, lanjut Wabup Rahmat, tidak hanya memunculkan Resolusi Jihad yang memompa semangat perjuangan. Namun seiring perjalanan waktu, juga menjadi teladan bagi para santri untuk berperan aktif dalam pembangunan.

“Pemkab Blitar juga harus bersinergi dengan NU. Tidak hanya dalam pengembangan dan peningkatan moral agama, tapi juga terus mengali potensi santri agar terus aktif dan berperan dalam berbagai bidang. Dan semangat resolusi jihad yang dicetuskan Kiai Hasyim Asy’ari harus kita teladani sampai kapanpun,” tutur Wabup Blitar Rahmat Santoso. (Sumber dari detik.com)

 

(San)