Disperindag Provinsi Bengkulu Ikuti MUSRENBANGNAS 2023

Bengkulu, Sentralnes.com – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (MUSRENBANGNAS) Tahun 2023 yang dipusatkan di Kantor Kementerian PPP/Bappenas RI selama 3 hari, (10/05/2023).

Dalam keterangan persnya, Kepala Disperindag Provinsi Bengkulu, Ir. Yenita Syaiful, M.Si, menjelaskan bahwa kegiatan Pembahasan Desk Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Bidang Perindustrian dan Perdagangan Tahun 2023, bertujuan mengusulkan masing-masing daerah di Indonesia terkait pengembangan di bidang Perindustrian dan Perdagangan yang langsung dihubungkan dengan Kementerian Teknis Terkait

“Prinsipnya dalam kegiatna Pembahasan Desk Musrenbangnas 2023 adalah tindaklanjut dari Rakortekbangnas 2023, untuk membahas usulan yang diharapkan dibiayai dari Kementerian. Tentu kita mengusulkan produk yang sesuai dengan potensi daerah,” ujarnya.

Salah satu yang diajukan Bengkulu kepada Kementerian yakni usulan peralatan untuk pengolahan jeruk Kalamansi yang saat ini sudah mulai dikembangkan..Dengan tujuan Peningkatan Produksi, memenuhi peningkatan permintaan pasar.

“Jadi kita akan memperjelas kembali teknis usulan peralatan  pengolahan jeruk kalamansi pada para pelaku usaha Industri Kecil dan Menengan (IKM), disesuaikan dengan program dan kegiatan yang ada di Kementerian Perindustrian dan Perdagangan. Lalu, kita juga akan mendata kembali IKM, melakukan pembinaan dan pendampingan One Village One Product (OVOP) dan sentra IKM, melakukan bimtek produk unggulan untuk pertumbuhan Wira Usaha Baru yang handal, serta memfasilitasi HAKI (Merk),” tutupnya.

(Adv)