Progres Pembangunan Jalan di Pulau Enggano Capai 40%

Bengkulu, Sentralnews.com – Proses Pembangunan jalan lingkar di Pulau Enggano Kabupaten Bengkulu Utara dengan total panjang sekitar 32,8 Kilo Meter (KM) dan tujuh titik jembatan, yang saat ini masih tengah berlangsung progresnya sudah mencapai 40 persen. Ini disampaikan Plt Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu, Tejo Suroso, ST, Rabu (14/6).

“Jalan lingkar tersebut menghubungkan enam desa di Kecamatan Enggano. Dalam pelaksanaannya ada perubahan kontriksi, dimana awalnya pengerasan lentur atau hotmix. Namun konstruksi pengerasan kaku atau ready mix beton pada jalan sepanjang 15 KM. Berdasarkan informasi yang kita terima dari BPJN, progresnya 40 persen,” ungkap Tejo.

Menurutnya, pada tahap pertama pelaksanaan pekerjaan, anggaran yang dialokasikan sekitar Rp 187 miliar. Alokasi yang dimaksud sudah termasuk pembangunan tujuh jembatan. “Sedangkan untuk kelanjutan pekerjaan pembangunan jalan sekitar 17 KM, diprioritaskan pada tahun berikutnya dengan penambahan anggaran sekitar Rp 200 miliar,” terangnya.

Lebih jauh disampaikannya, sesuai informasi dari BPJN juga, untuk kelanjutan sudah disetujui Presiden, sehingga tahun 2025 mendatang pembangunan tersebut selesai. “Pembangunannya sendiri sudah dimulai sejak 2022 lalu dengan sumber pendanaan APBN. Teknis pengerjaan dengan sistem multiyears atau berkelanjutan,” singkat Tejo.

(Adv)