Pemkab Lebong Adakan Operasi Katarak, Gratis!

Lebong, Sentralnews.com – Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Lebong yang sekarang pengidap penyakit Katarak. Bupati Lebong Kopli Ansori melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong bakal menggelar operasi Katarak secara gratis.

Dari informasi yang terhimpun, agenda operasi katarak tersebut akan dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lebong, dengan mendatangkan 7 dokter spesialis Mata dan tim tenaga medis profesional.

Bupati Lebong Kopli Ansori saat dikonfirmasi mengatakan, dirinya berharap kegiatan sosial yang dilakukan oleh Pemda bersama Dinkes ini, bisa memberikan pelayanan Kesehatan yang prima. Dengan tujuan menunjukkan kepada masyarakat, bahwa pemerintah selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik, dengan memprioritaskan layanan dasar bagi masyarakat di bidang kesehatan.

” Dengan adanya kegiatan operasi katarak gratis yang diselenggarakan oleh Pemda ini, harapan saya semoga masyarakat Lebong bisa terbantukan tentunya. Selain itu, dalam hal ini pemerintah pastinya, selalu memprioritaskan untuk memberi pelayanan kesehatan yang maksimal dan merata,” singkat Kopli kepada jurnalis Sentralnews.com Kamis (13/06/2024) siang.

Untuk diketahui, rencana awal Pemkab dan RSUD Lebong sudah menjadwalkan rencana operasi katarak pada pada tanggal 29 dan 30 Juni 2024, namun jadwal yang sudah ditetapkan itu mendapatkan perubahan, sehingga harus diundur, karena berbenturan jadwal tim dokter spesialis mata ditempat lain.

Berikut jadwal agenda tersebut, yang mana operasi itu nantinya direncanakan akan dilaksanakan selama 2 hari, mulai pada tanggal 6 dan sampai 7 Juli 2024 mendatang, hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Lebong, Rachman, SKM, saat di konfirmasi, Kamis (13/06/2024).

“Atas perintah Bupati Lebong, pak Kopli Ansori, untuk jadwal sebelumnya itu, sudah kita tetapkan. Namun ada perubahan pelaksanaan, jadi jadwal operasi Katarak kita undur ke tanggal 6 dan 7 Juli mendatang,” singkat Rachman.

Perlu diketahui, jika saat ini pendaftaran sudah dibuka, bagi masyarakat Kabupaten Lebong yang akan mengikuti operasi Katarak, bisa melakukan pendaftaran dan mendatangkan pihak Puskesmas terdekat dengan syaratnya ialah cukup dengan membawakan KTP.

Untuk saat ini, dari data yang diperoleh. Bahwa sudah ada ratusan masyarakat Lebong yang sudah terdata daftar, untuk mengikuti operasi gratis yang diadakan oleh Pemda Lebong itu. (FR).