Bintuhan: Festival Ayiak Manna di Pantai Pasar Bawah, Bengkulu Selatan, 22-23 Juli 2024

Bengkulu Selatan, Sentralnews.com – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan bersiap untuk menyelenggarakan Festival Ayiak Manna tahun ini, yang akan berlangsung pada tanggal 22-23 Juli di Pantai Pasar Bawah. Festival ini akan menampilkan pagelaran seni budaya khas Kabupaten Bengkulu Selatan, dengan fokus murni pada adat istiadat, tanpa campuran kegiatan modern. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten, Rendra Febrianto, M.Si, menjelaskan bahwa inisiatif ini bertujuan untuk memajukan kebudayaan lokal.

“Festival Ayik Manna baru saja masuk dalam kalender event provinsi Bengkulu, dan kami berharap dapat terus berkembang menjadi event nasional di masa depan,” ujarnya.

Acara ini menampilkan berbagai kegiatan seperti Bazar UMKM, pembuatan Lemang Tapai dan Ikan Guasan, Tari Andun, Parade Batik Sekundang, serta Lomba Rakit Hias, serta sejumlah kegiatan seni budaya lainnya.

“Tujuan utama festival ini adalah untuk mempromosikan kegiatan seni budaya yang ada di Bengkulu Selatan, sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas,” tambah Rendra.

Diharapkan bahwa dengan pelaksanaan festival ini, pengetahuan masyarakat terhadap kebudayaan Bengkulu Selatan akan semakin meningkat, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan menggerakkan perekonomian lokal melalui peningkatan aktivitas ekonomi seperti peningkatan hunian hotel dan ramainya restoran.

“Kami berharap bahwa peningkatan kunjungan ini juga akan berdampak positif pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) setempat,” tutupnya.

Dengan menekankan kekayaan budaya dan potensi pariwisata Bengkulu Selatan, diharapkan bahwa festival ini akan menjadi magnet bagi wisatawan dan menggerakkan pertumbuhan ekonomi lokal di masa yang akan datang.ADV