Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu Ajak Masyarakat Tingkatkan Minat Baca Melalui Perpustakaan

Bengkulu, Sentralnews.com – Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Ria Oktarina, mengajak untuk meningkatkan minat baca masyarakat, terutama generasi muda, melalui perpustakaan di tingkat daerah maupun desa. Menurutnya, perpustakaan memiliki peran kunci dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan menyediakan akses ke berbagai pengetahuan melalui kegiatan membaca.

Ria menyoroti bahwa saat ini, banyak generasi muda lebih tertarik pada kemajuan teknologi digital daripada membaca, yang berdampak pada menurunnya minat baca masyarakat. “Banyak yang lebih suka bermain gadget atau smartphone, seperti game atau media sosial, daripada membaca. Padahal, membaca penting untuk memperluas pengetahuan,” tambahnya.

Dia menjelaskan bahwa meskipun teknologi digitalisasi memiliki manfaat, seringkali dimanfaatkan secara tidak produktif. Oleh karena itu, perpustakaan perlu dimaksimalkan perannya dengan mengembangkan aplikasi perpustakaan digital dan meningkatkan sarana dan fasilitas perpustakaan.

“Perpustakaan di pedesaan juga perlu mendapat perhatian. Yang sudah ada perlu ditingkatkan, sedangkan yang belum dibangun, hal ini menjadi tanggung jawab pemerintah dalam rangka mencerdaskan bangsa,” pungkasnya.

Ria menekankan pentingnya peran pemerintah dalam mengoptimalkan perpustakaan sebagai salah satu sarana pendidikan yang dapat membantu meningkatkan minat baca masyarakat dan menciptakan SDM yang berkualitas. Langkah-langkah konkret perlu diambil untuk memastikan bahwa perpustakaan dapat diakses dan dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama generasi muda yang merupakan harapan masa depan bangsa.(Adv)