320 Peserta Menerima Sertifikat Kompetensi Pelatihan Kerja

Kendal, Sentralnews.Com – Sebanyak 320 peserta menerima Sertifikat Kompetensi usai mengikuti program pelatihan kerja yang dimulai sejak 15 Mei 2023 di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kamis (22/6/2023).

Pada kesempatan itu Bupati Kendal Dico M. Ganinduto menutup Pelatihan Berbasis Kompetensi tahun 2023 tahap I dan Tahap II.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Cicik Sulastri menyampaikan tujuan dari program pelatihan guna Mencetak tenaga kerja yang terampil, kompeten dan produktif serta siap untuk bersaing dan Memberikan pengetahuan dan ketrampilan sesuai bidang kejuruan untuk dapat menciptakan peluang kerja/ berwirausaha.

Pihaknya juga menyampaikan laporan terkait waktu dan pelaksanaan, “Untuk pelaksanaan angkatan I berlangsung pada bulan Maret sampai April 2023, kemudian angkatan II berlangsung pada bulan Mei sampai Juni 2023. Durasi pelatihan bervariasi antara 180 jam pelatihan hingga 430 jam pelatihan,” jelas Cicik Sulastri.

Adapun tempat pelaksanaan pelatihan 224 orang berada di UPTD Balai Latihan Kerja, LPK Swasta 64 orang dan Balai latihan kerja komunitas sebanyak 32 orang.

Tedapat 7 program kejuruan yang diberikan pada pelatihan kompetensi 2023, diantaranya adalah Menjahit Pakaian Wanita Dewasa, Menjahit Operator Garment, Teknik Sepeda Motor Injeksi, Tata Rias Kecantikan Rambut, Teknisi Telephone Seluler, Teknik Las (Plate Welder) SMAW 3G dan Desain Grafis.

Cicik Sulastri turut menyampaikan bahwa, 320 peserta dinyatakan telah lulus Kompetensi pelatihan. Dalam pelaksanaan pelatihan diberikan materi berupa Pelatihan Fisik Mental Disiplin, Softskill dan Materi Produktivitas serta materi Teknis.

“Pembelajaran 30 persen teori dan 70 persen praktik berdasarkan pada skema kompetensi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI),” imbuh Kadisperinaker.

Sementara Bupati Kendal Dico M. Ganinduto menyampaikan himbauan kepada para peserta yang telah lulus mendapatkan sertifikat Kompetensi untuk terus meningkatkan kemampuan tidak berpuas diri pada kemampuan saat ini.

“Kepada para peserta selamat dan teruslah tingkatkan kemampuan jangan selalu merasa puas, pada dunia kerja nanti jaga kualitas dan dedikasi dalam bekerja,” jelas Dico M. Ganinduto.

Lebih lanjut Bupati memaparkan jika Tahun 2022 Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Kendal mengalami penurunan dari 7,55% menjadi 7,34% di tahun 2022, sedangkan untuk Angka Partisipasi Kerja mengalami peningkatan semula 69,93% menjadi 73,44%.

Pada lulusan pelatihan Kompetensi data dari Disperinaker Kendal bahwa, 70 % diserap oleh perusahaan industri dan 30 % mampu mengembangkan dunia usaha mandiri.

Pewarta: Doni Kurniawan