Goes to School dan Inovasi Program Sweet Seventen, Targetkan 9000 Siswa

Kendal, Sentralnews.Com – Melalui Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kendal, Pemerintah Kabupaten Kendal mengadakan “Digitalisasi Layanan Adminduk untuk Pelayanan Publik dan Pemilu 2024” guna seabgai edukasi peningkatan pemahanan pentingnya Dokumen Adminstrasi Kependudukan, khususnya bagi Generasi Milenial (khususnya bagi usia pemula/pelajar), Wajib KTP-el dan Pemilih Pemula dalam rangka mempersiapkan Pemilu Serentak 2024, Senin (17/7/2023).

Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Kendal Ratna Mustikaningsih mengemas kegiatan berupa “Goes to School dan Inovasi Program Sweet Seventen”, pihaknya menyampaikan bahwa giat ini merupakan kali ke empat yang telah dilakukan.

Adapun perekaman menyasar siswa yang telah memasuki usia wajib KTP-el atau 17 tahun, kurang lebih Dispendukcapil akan melakukan 300 siswa.

“Kita targetkan semua sekolah tingkat SMA/SMK tentunya, karena ini juga sebagai kebutuhan dari wajib KTP-el dan tentunya mereka juga bagian dari pemilih pemula, kurang lebih terdapat 300 anak yang akan dilakukan perekaman dan secara total masih ada 9000 anak kurang lebihnya yang belum kita lakukan perekaman,” jelas Ratna Mustikaningsih .

Sementara Bupati Kendal Dico M. Ganinduto pada kesempatan itu menyempatkan menjadi Irup Upacara, dalam amanatnya menyambut baik dan menjadi salah satu bentuk kepedulian bersama dalam rangka peningkatan capaian kepemilikan dokumen kependudukan.

Hal lain yang menjadi penegasan saat ini adalah Pemerintah Kabupaten Kendal terus berupaya meningkatkan integrasi sistem administrasi kependudukan dengan beragam layanan yang bisa diakses langsung oleh masyarakat.

“Layanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), agar masyarakat berpartisipasi aktif untuk melakukan aktivasi IKD, target nasional 25?ri jumlah wajib KTP dapat terpenuhi. Kepada seluruh Bapak-Ibu Guru, siswa dan karyawan di MAN Kendal agar dapat mendowload aplikasi di Smartphone masing-masing dan melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD),” jelas Dico M. Ganinduto.

Pada kesempatan itu Dico M. Ganinduto melalui program Sweet Seventeen, pihaknya mengucapkan selamat ulang tahun kepada 15 siswa MAN Kendal yang bulan Juli ini berulang tahun. Kemudian Selain Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), acara juga melibatkan PT BPR BKK Kendal (Perseroda) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal.

 

Pewarta: Doni Kurniawan