Kepala DKP Provinsi Bengkulu Turun Langsung Verifikasi ke Tujuh Kelompok Nelayan Enggano Penerima Bantuan Mesin

Bengkulu, Sentralnews.com – Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan nelayan di Kepulauan Enggano, Provinsi Bengkulu memberikan bantuan berupa mesin kapal kepada tujuh kelompok nelayan. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu,Syafriandi, SE., ST, M.Si , melakukan verifikasi langsung terhadap kelompok nelayan yang akan menerima bantuan ini. Acara verifikasi berlangsung di enam desa yang terletak di Kecamatan Enggano. 23 Juli 2023

Kepala DKP, Syapriandi, menjelaskan bahwa pemberian bantuan mesin kapal ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari Gubernur Bengkulu dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan. Selain itu, setelah program bantuan mesin kapal ini, pemerintah provinsi juga berencana untuk membangun pabrik batu es, pelabuhan perikanan dan juga koperasi nelayan yang bertujuan untuk mendukung kegiatan perikanan di wilayah tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Syafriandi, SE., ST, M.Si juga mengingatkan kelompok nelayan penerima bantuan agar menjaga mesin kapal dengan baik dan tidak menyalahgunakannya, termasuk menjualnya. “Hal ini penting untuk memastikan bahwa bantuan tersebut memberikan manfaat jangka panjang bagi kelompok nelayan dan mendorong peningkatan produktivitas mereka,” Sampainya.

Bantuan yang diberikan berupa mesin kapal jenis dongpeng 6 PK, dengan dua unit diberikan kepada masing-masing kelompok nelayan. Mesin kapal ini diharapkan dapat membantu kelancaran operasional nelayan dalam menjalankan kegiatan penangkapan ikan di perairan Enggano.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan kesejahteraan nelayan Enggano dapat meningkat serta memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal dan pembangunan sektor perikanan di Provinsi Bengkulu.

Salah satu perwakilan kelompok nelayan penerima bantuan, Nuriadi Ketua Kelompok Nelayan Singa Laut Sejahtera Banjar Sari, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Bengkulu atas perhatian dan bantuan yang diberikan melalui DKP Provinsi Bengkulu. Dia juga berkomitmen untuk menjaga mesin kapal tersebut dengan baik dan memanfaatkannya secara optimal guna meningkatkan hasil tangkapan dan pendapatan kelompok nelayan.

Senada dengan Singa Laut Maju, Murdani Sasi Ketua Kelompok Nelayan Mandiri Maju Bersama Desa Meok mengucapkan Terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu yang telah peduli ke nelayan Enggano, dirinya berharap dengan kehadiran bantuan mesin kapal nantinya akan membantu meningkatkan perekonomian para nelayan tradisional Enggano khususnya Desa Meok.

Enam kelompok nelayan diyatakan lengkap sebagai menerima bantuan mesin kapal ini adalah Singa Laut Sejahtera, Kelompok Mandiri Maju Bersama, Ketambak Tanjung Kaana, Laut Berlian Mandiri, dan Raja Pulau Dua, Yahuwaika Trans Enggano, Sedangkan Kelompok Nelayan Lumba- Lumba Nusa Indah dinyatakan TMS(Tidak memenuhi syarat)

Pewarta: Arwin Binardi