Salat Tarawih Perdana Gubernur Bengkulu di Masjid Muhammadiyah Pasar Minggu Lama

Bengkulu, Sentralnews.com – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melakukan salat tarawih perdana di Masjid Muhammadiyah Pasar Minggu Lama, Jalan Soeprapto, Kota Bengkulu, pada hari Minggu, 10 Maret 2024. Muhammadiyah memulai Puasa Ramadhan 1445 tahun 2024 pada hari Senin, 11 Februari 2024, sesuai dengan perhitungan hisab organisasi.

Sementara itu, Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan awal Ramadhan pada hari Selasa, 12 Maret 2024, berdasarkan hasil sidang isbat penetapan 1 Ramadhan 1445 H. Menyikapi perbedaan tersebut, Gubernur Rohidin berharap agar tidak terjadi pertikaian dan perdebatan di antara umat muslim.

Sebagai pimpinan daerah, dia mengajak masyarakat untuk menyikapi perbedaan tersebut dengan bijak sesuai dengan keyakinan masing-masing. “Jika yakin dengan perhitungan hisab, silahkan dilaksanakan. Begitupun bagi umat muslim yang mengikuti cara rukyatul hilal sesuai dengan ketetapan pemerintah, silahkan jalankan sesuai keyakinannya.”

Gubernur Rohidin menekankan bahwa yang terpenting adalah menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas dan keyakinan karena Allah SWT. “Dengan ikhlas, kita akan meraih rahmat dan barokah-Nya,” tambahnya.(Adv)