Sefty Yuslinah: Guru Harus Menjadi Pengganti Orang Tua dalam Mencegah Perundungan di Sekolah

Bengkulu, Sentralnews.com -Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Sefty Yuslinah, menyoroti peran penting guru sebagai pengganti orang tua di sekolah dalam mencegah perundungan atau bullying.

Menurutnya, guru memiliki tanggung jawab besar dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan penuh kasih sayang bagi para siswa.

Sefty menegaskan bahwa guru harus menjadi figur yang dapat dipercaya dan diandalkan oleh para siswa, selain dari memberikan ilmu kepada siswa sebagai generasi calon penerus bangsa.

Pernyataan ini juga didasarkan pada serangkaian kasus perundungan yang kerap terjadi di Provinsi Bengkulu belakangan ini.

“Guru bukan hanya sebagai pendidik, tetapi juga sebagai sosok yang bisa menjadi tempat curhat, memberikan dukungan, dan menyelesaikan konflik di antara siswa,” ungkapnya, di Kota Bengkulu, Kamis (7/3/24).

Sefty juga menekankan peran penting guru dalam menciptakan kenyamanan bagi siswa. Dia juga mengingatkan peran orang tua dalam mendidik anak-anak mereka untuk tidak melakukan perundungan.

“Orang tua juga memiliki peran besar dalam membentuk karakter anak-anak agar tidak melakukan perundungan di sekolah maupun lingkungan sekitarnya,” tambahnya. (Adv)