167 Peserta Ikuti STQ Tanjung Palas Utara

Bulungan, Sentralnews.com – Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si membuka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke 20 tahun 2023 tingkat Kecamatan Tanjung Palas Utara di Masjid jami As-Syifa Desa Karang Agung pada Senin (10/7).

Bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan STQ, meski tidak sebanyak kategori lomba dalam MTQ, namun dapat lebih fokus pada cabang yang diunggulkan.

Tercatat sebanyak 167 peserta dari 6 kafilah desa yaitu Desa Pimping, Kelubir, Ruhui Rahayu, Panca Agung, Ardimulyo, dan Karang Agung mengikuti 5 cabang lomba yaitu Tilawatil Quran, Hifjil Quran, Fahmil Quran, Syarhil Quran dan Tahrir Quran.

“Misalnya untuk Kecamatan Tanjung Palas Timur mungkin fokus pada Kaligrafi, sementara Kecamatan Tanjung Palas Utara fokus pada hafalan Hadist sehingga nanti ini akan kita satukan kekuatan ini menjadi kekuatan yang mewakili Kabupaten Bulungan di MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Utara untuk memperebutkan juara umum yang saat ini sudah 9 kali kita raih,” ujar Bupati Bulungan Syarwani.

Ia juga mengingatkan pula, STQ tidak hanya menjadi ajang seleksi bagi kafilah Kecamatan Tanjung Palas Utara untuk menghadapi MTQ tingkat kabupaten yang akan datang.

Tetapi menjadi salah satu wadah bagi umat Islam wajib untuk dapat memperbaiki kualitas pribadi umatnya secara menyeluruh.

Bupati secara pribadi turut menyumbang Rp15 juta untuk pelaksanaan kegiatan STQ Tanjung Palas Utara serta meninjau pembangunan Masjid Jami As-Syifa yang progres fisiknya sudah mencapai 80 persen.

“Silahkan untuk mengajukan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Bulungan dalam pembangunan Masjid Jami As-Syifa ini dan semoga tahun 2024 bisa direalisasikan,” ungkap Syarwani. (*)

Pewarta: Aspian