Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu Beri Pesan Pada Pansel Sekdaprov

Bengkulu, Sentralnews.com – Pemprov Bengkulu akan membuka Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Tinggi Pratama (JPT) atau lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu.Per 1 September 2023 ini, Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri memasuki masa pensiun.

Terkait rencana seleksi sekdaprov Bengkulu yang baru ini, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkuku, Dempo Xler, S.IP, M.AP, memberikan sejumlah pesan kepada panitia seleksi (Pansel) Sekdaprov Bengkulu ini.

“Kita mendorong lelang sekda ini terbuka secara umum yang bisa diikuti oleh semua orang. Baik dari luar atau dalam Provinsi Bengkulu, maupun tingkat nasional,” kata Dempo.

Menurut Dempo, Bengkulu membutuhkan sosok sekda yang mampu mengimbangi kinerja gubernur yang bergerak cepat dan tidak kaku.

Di samping juga memiliki jiwa kepemimpinan, untuk kemajuan daerah Bengkulu

“Karena sekda adalah ujung tombak dari pengaturan birokrasi di Provins Bengkulu,” jelasnya.

Dengan adanya Pansel Sekdaprov ini, diharapkan dapat menjadi katalisator. Sehingga setelah masa jabatan sekda habis, maka sudah ada sekda definitif. Tidak ada Plh Sekda.

Pansel lelang Sekda Provinsi Bengkulu ini diketuai oleh Sekjen Kemendagri RI, Dr. H. Suhajar Diantoro, M.Si.

Kemudian untuk 4 anggota lainnya berasal dari Bengkulu, yakni Ridwan Nurazi yang merupakan akademisi Universitas Bengkulu (UNIB) sekaligus Komisaris Utama Independen Bank Bengkulu.

Lalu selanjutnya ada, Herawan Sauni yang juga merupakan akademisi UNIB. Juga ada Prof. Rohimin, yang merupakan tokoh masyarakat Bengkulu sekaligus akademisi UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu. Serta Edi Waluyo, mantan birokrat.

“Kita juga pesan untuk objektif dalam seleksi sekdaprov ini. Sehingga ditemukan sosok yang siap dan pas untuk jadi sekdapro,” ujar Dempo.

(Adv)