Resep Perkedel Kentang Enak dan Lezat

Bengkulu, Sentralnews.com – Kentang adalah salah satu bahan makanan favorit semua lapisan masyarakat. Kentang dapat dibuat dengan menggunakan metode memasak direbus, digoreng, dikukus hingga dipanggang. Bahan masakan yang satu ini dapat menjadi sajian makanan utama, sampingan dan juga untuk makanan ringan yang nikmat.

Cuma di goreng saja kemudian dibumbui dengan menggunakan berbagai rasa sudah banyak orang yang menggemarinya.

Apalagi dimasak untuk menjadi lauk dengan menggunakan campuran dari bumbu rempah rempah, tentunya dapat menggoyangkan lidah anda. Salah satunya menu olahan dari kentang adalah perkedel.

Lauk perkedel pada umumnya sering ditemukan sebagai pendamping makan nasi, salah satunya dalam hidangan soto.

Cara mengolah perkedel kentang tersebut tidaklah susah. Anda dapat menggunakan dikukus atau digoreng kentangnya lebih dulu lalu dihaluskan.

Sesudah itu campur dengan sejumlah bumbu seperti bawang putih, bawang merah, garam, pala, dan juga merica yang sebelumnya sudah di goreng dan kemudian dihaluskan. Perkedel juga dapat dikombinasikan dengan berbagai macam bahan masakan yang lain seperti daging sapi, daging ayam, wortel atau sayur yang lainnya.

Berikut ini ada beberapa resep perkedel kentang agar anda dapat mengolahnya sendiri dirumah untuk dihidangkan kepada anggota keluarga yang cocok untuk makan bersama.

1. Perkedel kentang

Bahan bahan yang anda butuhkan untuk membuat Perkedel kentang:

– kentang sebanyak 1 kg

– Bawang goreng secukupnya

– Daun prei secukupnya

– Garam secukupnya

– Penyedap rasa secukupnya

– Merica bubuk secukupnya

– telur 1 butir

Bumbu halus yang anda butuhkan untuk membuat Perkedel kentang:

– bawang merah sebanyak 6 siung

– bawang putih sebanyak 4 siung
Cara untuk membuat Perkedel kentang:

– Untuk tahap pertama kupas kentang terlebih dahulu kemudian cuci bersih dan juga potong potong, lalu digoreng. Tiriskan lalu lumatkan hingga halus.

– Campurkan kentang yang sebelumnya sudah dihaluskan dengan menggunakan bumbu halus, garam, daun prei, merica bubuk, penyedap rasa, dan juga bawang goreng. Aduk hingga tercampur secara merata.

– Ambil sedikit saja adonan, bentuk secara bulat. Kemudian dipipihkan, lakukan hingga adonan kentang habis.

– Letakan kentang yang sebelumnya telah dibentuk, ke dalam telur yang sudah dikocok secara lepas, kemudian digoreng sampai berwarna kuning kecokelatan.

2. Perkedel daging

Bahan bahan yang anda butuhkan untuk membuat Perkedel daging:

– kentang sejumlah 3 buah

– bawang goreng sejumlah 2 sdm

– bubuk pala sejumlah 1 sdt

– seledri sejumlah 1 batang

– garam secukupnya

– merica secukupnya

– gula pasir secukupnya

– kuning telur sejumlah 1 butir

– putih telur sejumlah 1 butir

– daging sapi cincang sejumlah 2 sdm

– bawang putih cincang sejumlah 1 siung

– bawang merah cincang sejumlah 1 siung

Cara untuk membuat Perkedel daging:
Untuk tahap pertama tumis daging cincang terlebih dahulu bersama dengan bawang putih dan juga bawang merah yang sudah dicincang, kemudian sisihkan. Rebus kentang bersama dengan kulitnya hingga matang dan juga empuk. Kupas kemudian lumatkan dengan menggunakan garpu.
Aduk bubuk pala, daging, merica, garam, bawang goreng, gula pasir, kuning telur dan juga seledri. Aduk hingga semua tercampur secara merata. Lalu bentuk secara bulat dan juga dipipihkan. Balur dengan menggunakan putih telur, kemudian goreng.