RSD Kertosono, Menyelenggarakan Pelatihan Akreditasi Standar Rumah Sakit

Nganjuk, Sentralnews.com – Dalam rangka untuk meningkatkan mutu layanan dan menjaga kualitas pelayanan terhadap customer, Rumah Sakit Daerah Kertosono melakukan penilaian standar pelayanan rumah sakit melalui Akreditasi Rumah Sakit. Survei Akreditasi Rumah Sakit sendiri akan dilaksanakan pada Bulan Maret 2023, Selasa(14/02/2023).

Menjelang pelaksanaan survey, Rumah Sakit Daerah Kertosono mengadakan bimbingan atau pendampingan akreditasi Standar Akreditasi Rumah Sakit Kementrian Kesehatan (STARKES) pada tanggal 6-10 Februari 2023. Kegiatan ini dibimbing oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yaitu dr. Retno Indrastuti, MARS, FISQua; dr. H.B Wibisono, Sp.S; dan Rosa Dwi Sahati, S.Kep., Ners., MARS.

Pembukaan dilaksanakan di Ruang Rapat Sakura Hall dan dihadiri oleh seluruh anggota Pokja (Kelompok Kerja) Akreditasi, Pejabat Struktural, Kepala Instalasi, dan dokter spesialis. Hadir juga sebagai salah satu pembimbing dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yaitu dr. Retno Indrastuti, MARS, FISQua. Adapun metode yang digunakan adalah bimbingan, review, observasi dan tracer serta diskusi atau coaching. Dengan mengikuti bimbingan akreditasi standar akreditasi rumah sakit Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) versi Standar Kementerian Kesehatan, Rumah Sakit Daerah Kertosono berharap dapat terakreditasi Paripurna.

Plt Direktur RSD Kertosono menyampaikan dalam sambutannya bahwa RSD Kertosono berkomitmen dalam melaksanakan Akreditasi. Salah satu wujud dari komitmen Akreditasi ini adalah dengan diselenggarakannya kegiatan bimbingan Akreditasi dengan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Oleh karena itu, melalui bimbingan ini diharapkan peran serta aktif dari seluruh anggota tim Akreditasi untuk mengikuti bimbingan, menyampaikan apa yang sudah dicapai, serta apa saja yang perlu dilakukan dalam penyesuaian yang dibutuhkan,” Jelasnya.

Akreditasi rumah sakit hakikatnya tidak hanya untuk kepentingan rumah sakit itu sendiri tetapi juga untuk masyarakat sebagai pengguna layanan rumah sakit. Akreditasi mendorong rumah sakit untuk berbenah dan selalu menyediakan layanan sesuai standar Akreditasi. Dengan komitmen menyukseskan Akreditasi yang akan dilaksanakan tahun ini, maka RSD Kertosono juga berkomitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat,” Pungkasnya.

(BW)