Bupati Dan Wakil Bupati Bulungan Menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Bulungan 2023

Bulungan, Sentralnews.com – Bupati Bulungan Syarwani. S.Pd. M.Si dan Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala menghadiri rapat paripurna istimewa DPRD Bulungan yaitu Hari Jadi Kota Tanjung Selor ke 233 dan Kabupaten Bulungan ke 63 tahun 2023 di Gedung BKPSDM di Jl Agathis, Tanjung Selor pada Selasa (10/10/2023).

Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si dalam sambutannya menyampaikan selamat menyambut hari jadi dan menegaskan, kemajuan 74 desa 7 kelurahan dan 10 kecamatan merupakan cerminan dari kemajuan Kabupaten Bulungan secara keseluruhan.

“Program dan kegiatan pembangunan di Kabupaten Bulungan yang kita tuangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021 – 2026 tidak sekedar memuat visi, 5 misi dan 15 program prioritas tetapi bagaimana mewujudkan kesejahteraan masyarakat mulai dari desa, kelurahan hingga kecamatan se-Kabupaten Bulungan,” terang Bupati.

Bupati juga mengatakan bahwa pada 2023 ini Pemerintah Kabupaten menargetkan seluruh desa di Bulungan telah terbangun Sistem Informasi Desa sebagai wujud salah satu program prioritas Desa Pintar Desa Digital yang memuat profil lengkap desa berikut pelayanan digital kepada masyarakat.

Kemudian program prioritas TAKE (Tranfer Anggaran Kabupaten Berbasis Ekologi) menjadi komitmen Pemkab mentransfer anggaran ke desa untuk meningkatkan inovasi dan kreatifitas desa serta memastikan pembangunan di desa bersifat berkelanjutan.

Lalu Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bulungan yang diresmikan Wakil Presiden RI pada 2022 bertujuan mempermudah serta mempercepat pelayanan perijinan berusaha bagi masyarakat dan swasta. Tidak ketinggalan pembangunan Kawasan Industri Hijau (KIH) Tanah Kuning – Mangkupadi yang ke depannya akan menyerap banyak tenaga kerja dari Bulungan.

“Kita juga menggeser layanan dokumen kependudukan warga masyarakat dari Tanjung Selor ke masing-masing kecamatan, jadi misalnya warga Bunyu hendak mengurus KTP tidak perlu keluar biaya jutaan rupiah ke Tanjung Selor tapi cukup ke kantor kecamatan,” tandas Bupati.

ia juga menjelaskan sepanjang 2023 Pemkab juga telah mendapatkan prestasi antara lain penghargaan Universal Health Coverage tahun 2023 dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI bagi Pemkab Bulungan yang telah mencapai cakupan kepesertaan jaminan kesehatan nasional minimal 95 persen dari total jumlah penduduk.

Kemudian penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun anggaran 2022 atau yang keempat kalinya secara berturut. Adapula anugerah Top Pembina BUMD, Top CEO BUMD dan Top BUMD Awards 2023 predikat Bintang 5 untuk PT BPR Bank Bulungan dari majalah Top Business bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah.

Serta penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara tahun 2023 di mana Kabupaten Bulungan ditetapkan sebagai juara umum atas kinerja dalam pelaksanaan 8 aksi konvergensi percepatan penurunan stunting di wilayah Kaltara.

“Namun kita tidak menutup mata tentang kondisi infrastruktur jalan terutama di daerah hulu Sungai Kayan yang masih kita kerjakan secara bertahap, lalu jalan penghubung Tanjung Palas dan Tanjung Palas Tengah serta sejumlah ruas jalan lainnya masih perlu ditingkatkan dengan menyesuaikan kondisi keuangan daerah,” ujar Bupati.

Bupati Bulungan Syarwani dan Ingkong Ala Wakil Bupati Bulungan bekerja sesuai dengan visi yaitu Mewujudkan Kabupaten Bulungan yang Berdaulat Pangan, Maju dan Sejahtera, yang dijabarkan ke dalam 5 misi serta 15 program prioritas pembangunan, telah dapat dilihat apa saja yang telah diterapkan oleh Kabupaten Bulungan dari bidang pertanian, pendidikan, kesehatan, ekonomi, keagamaan, budaya dan sektor pembangunan lainnya termasuk peningkatan tata kelola pemerintahan serta upaya peningkatan pendapatan asli daerah kabupaten bulungan. Ujar Bupati Bulungan.

“Semuanya ini didasarkan pada komitmen kita bersama, bahwa upaya pencapaian kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat adalah program dan tujuan utama dalam pembangunan daerah Kabupaten Bulungan,” pesan Bupati. (*)

Pewarta Aspian.