Walikota: Semoga Penggunaan sistem SI DOKTER SERASI Bisa Seragam Memudahkan Pertukaran Informasi Antar-Rumah Sakit

Tarakan, Sentralnews.com – Wali Kota Tarakan dr. H. Khairul, M.Kes., melakukan presentasi dan wawancara finalis Top Inovasi Pelayanan Publik tahun 2023 secara virtual pada Jumat, 14 Juli 2023.

Acara tersebut berlangsung di Tarakan Command Center, dengan tujuan untuk memaparkan terobosan inovasi pelayanan publik di bidang kesehatan yaitu Sistem Informasi Dokter Sekali Entry Resume Akan Terisi (SI DOKTER SERASI) yang dikembangkan di RSU Kota Tarakan.

Wali Kota menjelaskan bahwa SI DOKTER SERASI sangat penting untuk mewujudkan transparansi dan efisiensi dalam pengelolaan data kesehatan pasien.

Maka “Dengan adanya sistem ini, proses pencatatan dan pengolahan data pasien menjadi lebih mudah, cepat, dan akurat,” ucapnya.

Dengan menggunakan sistem ini, data pasien yang diinput akan secara otomatis terhubung dengan berbagai sistem yang ada di rumah sakit.

Informasi pasien akan terintegrasi dengan baik, sehingga meminimalisir kesalahan data dan memungkinkan tenaga medis dapat fokus pada pelayanan langsung kepada pasien.

Lebih lanjut, saya menyebutkan bahwa survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan terus mengalami peningkatan.

Pada tahun 2022, survei tersebut menunjukkan tingkat kepuasan sebesar 87,27 persen.

Dengan adanya SI DOKTER SERASI, diharapkan tingkat kepuasan masyarakat akan semakin meningkat.

Kemudahan akses data dan pengolahan yang lebih efisien akan memberikan dampak positif bagi pelayanan kesehatan di kota Tarakan.

Dalam wawancara tersebut, saya juga mengungkapkan harapannya terhadap pelayanan kesehatan di kota Tarakan kedepannya.

Saya berharap bahwa semua sistem pelayanan kesehatan yang ada di kota Tarakan dapat terintegrasi dengan SI DOKTER SERASI.

Dengan demikian, penggunaan sistem yang seragam akan memudahkan pertukaran informasi antar-rumah sakit dan meningkatkan kerjasama dalam pelayanan kesehatan.

Wawancara dilakukan oleh Panelis yg terdiri dari berbagai unsur yg dibentuk oleh Kementerian PAN-RB. (*)

Pewarta: Aspian.