AMSI Sumsel Diminta Aktif Perangi Hoaks dan Ujaran Kebencian

Palembang,SentralNews.com – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru melaksanakan pelantikan pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Sumatera Selatan periode 2021-2024 di Griya Agung Palembang, Senin (12/4/2021).

“Ini tugas pertama kita, yaitu harus menjadi pencegah penyebaran berita hoaks. AMSI garda terdepan menjelaskan kepada masyarakat tentang keakuratan suatu informasi,” kata dia.
Menurut dia, hal tersebut merupakan aksi sosial yang perlu dilakukan bersama, dalam hal ini AMSI berperan sebagai pengaman sedangkan Pemerintah adalah mitranya. Namun, hoaks sebenarnya dapat dicegah dimulai dari adanya kesadaran masyarakat itu sendiri.

“Saya minta agar AMSI mengambil peran menyadarkan para anggotanya. Karena yang paling penting personalnya untuk membuat pemberitaan yang baik, edukatif, dan turut memperbaiki hoaks dan ujaran kebencian,” kata dia.

Hal tersebut langkah awal yang dilakukan bersama, maka dibutuhkan tekad dari anggotanya. Ia berharap AMSI mampu menjadi wadah untuk membentuk profesi wartawan online yang berintegritas.
“Dalam AMSI ada redaktur yang dapat mengontrol informasi yang akan mempengaruhi masyarakat. Mudah-mudahan ini menjadi wadah untuk mengubah hoaks dan ujaran kebencian” tutup dia. Dalam kesempatan yang sama, secara virtual, Ketua Umum AMSI, Wenses Laus Manggut, katakan pesanan AMSI telah diinisiasi sejak 5 tahun lalu, dan dilantik 4 tahun lalu. AMSI dibentuk karena adanya kecenderungan di rana digital melahirkan banyak media dengan beragam informasi terutama secara masif di media sosial.

AMSI hadir untuk turut menyapu hoaks dan hatespeech sehingga terbentuk ekosistem yang sehat. AMSI telah dibentuk di 22 Provinsi dengan anggota 350 media di seluruh Indonesia,” kata dia.
Pelantikan dilakukan oleh Koordinator AMSI Wilayah Sumsel, Agus Perdana, kepada Ketua AMSI Sumsel, Sidratul Muntaha dan perwakilan anggota lainnya.

Turut hadir Ketua DPRD Sumsel, RA Anita Noeringhati, Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, Prof. Dr. Edward Juliartha, MM, Karo Humas dan Protokol Rika Efianti, SE. MM (Adv/Daeng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here